FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT KUNJUNGAN KE OBJEK HATUSUA BEACH DI DESA HATUSUA, KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Authors

  • Destalia Selfanay Jurusan Kehutanan. Fakultas Pertanian. Universitas Pattimura Author
  • Yosevita Latupapua Jurusan Kehutanan. Fakultas Pertanian. Universitas Pattimura Author
  • Billy Seipalla Jurusan Kehutanan. Fakultas Pertanian. Universitas Pattimura Author

DOI:

https://doi.org/10.69840/marsegu/1.6.2024.661-678

Keywords:

Hatusua Beach, Attractions, Factors, Tourist Attractions

Abstract

The aim of this research is to find out what factors influence interest in visiting the Hatusua Beach Object and also which factors (attraction, accessibility, services, infrastructure and entrance tickets) are the most dominant in influencing interest in visiting the Hatusua Beach Object. This research used a qualitative descriptive analysis method where the data was collected and then analyzed by summarizing various conditions and situations in the form of interview results and observations regarding the problems studied in this field and can provide an overview of the characteristics of visitors to the Hatusua Beach tourist attraction. The results of this research are that the factors that influence interest in visiting the Hatusua Beach object are attractiveness with a percentage of 36%, accessibility with a percentage of 10%, service, infrastructure with a percentage of 15%, and entrance tickets with a percentage of 28%. The factors (attractiveness, accessibility, service, infrastructure and entrance tickets) that are most dominant in influencing interest in visiting the Hatusua Beach object are attractiveness with a percentage of 36%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chyndyana M. R. 2020. “Pengaruh Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang Daya Tarik Wisata Di Gunung Kidul” dalam Skripsi. Jurusan Manejemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Fandeli C dan Mukhlison. 2000. Pengusahaan Ekowsiata. Fakultas Kehutanan UGM. Pustaka Pelajar.

Hasanah, R., 2019. Kearifan lokal sebagai daya tarik wisata budaya di Desa Sade Kabupaten Lombok Tengah. DESKOVI: Art and Design Journal, 2(1), pp.45-52.

Ismayanti, I., 2010. Pengantar pariwisata. PT Gramedia Widisarana.

Keliobas, N., Latupapua, Y.T. and Pattinasarany, C.K., 2019. Persepsi pengunjung terhadap objek wisata pantai gumumae di kecamatan bula kabupaten seram bagian timur. Jurnal Hutan Pulau-Pulau Kecil, 3(1), pp.25-39.

Keliwar S. & Nurcahyo A. 2015. “Motivasi Dan Presepsi Pengunjung Terhadap Objek Wisata Desa Budaya Pampang Di Samarinda”: Jurnal Manajemen Resort dan Leisure. 12(2). Hal. 10-27.

Kulsum, A.S. and Mardiana, M.I., 2023. Wisata Alam Terasering Panyaweuyan Kota Majalengka, Jawa Barat. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(1), pp.05-10.

Latupapua Y. Th. 2021. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Ke Daya Tarik Objek Siwang Paradise Kota Ambon Vol 5 (2): pp 175-186 DOI:10.30598/.

Medlik, S., 2012. Dictionary of travel, tourism and hospitality. Routledge.

Mulyana, A.P. dan Sutopo, S., 2019. Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Destination Image, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variable Intervening (Studi Kasus pada Obyek Wisata Bukit Cinta Rawa Pening Kabupaten Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Nuraeni, B.S., Ferdinand, A.T. and Sufian, S., 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan museum ranggawarsita Semarang (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Rakhmawati, S., Budiasih, B., Kustantinah, L. and Koranti, K., 2020. Kepuasan wisata bahari di Indonesia: Determinan dan dampaknya pada intensitas rekomendasi wisata dengan keselamatan perjalanan sebagai pemoderasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2).

Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 734-738 (8) 3

Setiawan L. et. al., 2016. Karakteristik Dan Persepsi Wisatawan Terhadap daya Tarik Wisata Pantai Kata Di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Jurnal Destinasi Pariwisata. 4(1): 1-6.

Sevilla, et : al 2006. Pengantar Metode Penelitian. Penerjemah, Alinudin Tuwu. Jakarta: UI Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Suwantoro, G., 2004. Dasar-dasar Pariwisata Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ulyah, C. A., Salfadri, & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Alat-Alat Kesehatan pada PT. Tirta Medical Indonesia Cabang Padang. Jurnal Matua, 3(3), 418–430

Wardana, D. and Al Hafis, R.I., 2018. Peranan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu Dalam Pengelolaan Objek Wisata Rumah Batu Serombou di Desa Serombou Indah Kecamatan Rambah Hilir. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik dan Birokrasi, 4(1), pp.493-502.

Winartha, I. M. 2006. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT KUNJUNGAN KE OBJEK HATUSUA BEACH DI DESA HATUSUA, KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT. (2024). MARSEGU : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(6), 661-678. https://doi.org/10.69840/marsegu/1.6.2024.661-678

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.